Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

7 Cara Mengakali agar Bisa Makan Malam dengan Porsi Lebih Sedikit

Ilustrasi makan malam. ©Shutterstock.com/ Shebeko

NusantaraPostOnline.com, JAKARTA - Secara normal, dalam sehari seseorang biasanya makan dalam tiga waktu yaitu pagi, siang, dan malam. Masing-masing jam makan memiliki peran yang berbeda terutama dalam upaya seseorang untuk diet.

Untuk menurunkan berat badan, makan malam memegang peranan yang cukup besar pada seseorang. Sayangnya, sangat sulit mengontrol makan malam kita dibanding waktu makan lainnya.

Rasa lelah yang biasanya muncul membuat seseorang kerap memilih makanan secara sembarangan asal bisa menyenangkan hati. Hal ini untuk menekan rasa lelah dan stres yang dialami seharian.

Kecenderungan ini membuat seseorang juga kerap makan secara berlebihan di malam hari. Sayangnya hal ini bisa sangat berdampak pada upaya menurunkan berat badan.

Untungnya, sejumlah cara bisa kita terapkan agar tidak makan berlebih di malam hari. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah cara mengakali agar bisa makan malam dengan porsi lebih sedikit.

Gunakan Piring yang Kecil

Untuk menurunkan berat badan secara efektif, membatasi jumlah kalori yang masuk sangat penting. Menggunakan piring yang besar bisa membuatmu makan lebih banyak serta lebih banyak kalori yang kamu konsumsi. 

Untuk menghindari makan berlebih, kamu bisa menggunakan piring dlam ukuran kecil dan konsumsi makanan sehat serta bernutrisi.


Jenis Makanan yang Perlu Diketahui

Perhatikan Konsumsi Minyak

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi adalah seseorang mengacuhkan jumlah kalori pada minyak goreng. Menggunakan minyak terlalu banyak dan konsumsi gorengan juga bisa berpengaruh pada upayamu dalam menurunkan berat badan.

Sebisa Mungkin Konsumsi Kentang

Penelitian mengungkap bahwa kentang lebih bisa membuat seseorang merasa kenyang dibanding karbohidrat lainnya. Kentang bisa membuatmu tiga kali lebih kenyang dibanding roti. Makanan ini juga kaya serat serta memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan.


Kebiasaan Makan yang Perlu Diterapkan

Minum Air Sebelum Makan

Konsumsi air sebelum makan merupakan hal yang penting karena tidak hanya memenuhi kebutuhan air namun juga bisa membuatmu lebih kenyang. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuatmu makan lebih sedikit. Pastikan untuk minum cukup air setidaknya 30 menit sebelum jam makan malam.

Makan di Meja Makan

Gangguan pada saat makan bisa membuatmu jadi makan berlebihan. Oleh karena itu hindari makan di depan televisi atau sambil bermain ponsel. Makan di tempat khusus seperti meja makan bisa membuatmu hanya fokus makan sehingga bisa membatasi asupan kalori dan lebih cepat untuk menurunkan berat badan.


Pengaturan Waktu Makan

Ngemil di Sore Hari

Alasan mengapa kamu makan berlebih di malam hari bisa disebabkan selisih waktu yang lama antara makan siang dan makan malam. Ngemil di sore hari bisa membantu mengatasi masalah itu sehingga kamu tidak makan berlebihan di malam hari.

Makan Lebih Awal

Tidur setelah makan malam bisa jadi salah satu alasan kamu kesulitan menurunkan berat badan. Disarankan untuk makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur atau jam 7 paling malam.

Sejumlah cara tersebut bisa diterapkan jika kamu tengah berupaya untuk menurunkan berat badan. Imbangi juga dengan olahraga dan pilihan makanan sehat untuk mencegah berat badan melejit.

Sumber : merdeka.com