Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Bangunan Mirip Kos-Kosan 4 Lantai Diduga Kuat Langgar IMB


NusantaraPostOnline.Com, JAKARTA - Pelanggaran izin mendirikan bangunan (IMB) masih saja terus terjadi di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat. Seperti pada bangunan yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren Utara 10, RT 014/003, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, diduga kuat bangunan yang mirip kos-kosan itu tidak sesuai izin (IMB).

Berdasarkan pantauan awak media nusantarapostonline.com, informasi yang ada pada papan proyek bangunan itu sangat jelas menyebutkan izin bangunan dengan No IMB 0029/C.37b/31.73.02.1002.03.001.R.4.b/2/-1.785.51/2020  tersebut 3 lantai, akan tetapi existingnya terbangun 4 lantai.


Informasi yang diperoleh dari sumber terungkap bahwa bangunan yang masih dalam pengerjaan itu  sudah pernah disegel oleh instansi pemerintah terkait, namun sayangnya sanksi yang diberikan hanya sebatas surat peringatan (SP) hingga sekedar penyegelan, sehingga bangunan itu masih terus dikerjakan tanpa ada hambatan.

Saat ditemui di lokasi bangunan, Pelaksana proyek bangunan yang diketahui berinisial 'F' itu mengungkapkan  izin  bangunan itu sudah diurus kembali oleh bosnya  (pemilik bangunan-Red) di kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum LSM PKN (Pemantau Keadilan dan Negara), Monang Benda Roasi  mengungkapkan keprihatinannya, khususnya terhadap kinerja aparat instansi terkait yang dinilai kurang tegas terhdap pemilik bangunan 4 lantai yang diduga melanggar izin (IMB) itu.

"Kurang tegasnya tindakan aparat instansi terkait  kepada pemilik bangunan yang tidak mentaati Peraturan Daerah Provinsi DKI  Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan dikuatirkan akan menjadi preseden negatif bagi masyarakat sekitar," ujar MB Roasi saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (16/12/2020).  (*RED)