Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

GeNose C19, Alat Pendeteksi Tes Covid-19 Karya Anak Bangsa. Sayonara SWAB PCR ...



_____________________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA  - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan jajal alat pendeteksi Covid-19 yang bernama GeNose C19 di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2021).

GeNose C19 yang merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose Covid-19 tersebut adalah inovasi alat pendeteksi Covid-19 hasil kolaborasi tim ahli lintas bidang ilmu di Universitas Gajah Mada (UGM).

Alat canggih tersebut diklaim dapat mendeteksi Covid-19 dari hembusan napas, dengan tingkat akurasi diatas 90% dan untuk mengetahui hasilnya hanya membutuhkan waktu sekitar 50 detik, sedangkan tarif yang dipatok untuk sekali tes dengan GeNose C19 tersebut sekitar Rp 20 ribu.

Sebagai bentuk dukungan terhadap inovasi anak bangsa serta menekan beban biaya bagi para penumpang transportasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan moda kereta api untuk menerapkan GeNose C19 ini mulai 5 Februari 2021 dan selanjutnya akan diterapkan di semua area publik.

Dengan penerapan GeNose C19 tersebut tentunya menjadi harapan baru dalam pelaksanaan tracing dan tracking untuk 
menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia, sekaligus kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Pemerintah pada masa pandemi. (*Red.)

Editor: Togab BB