Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kementerian ATR/BPN tidak akan tarik Sertifikat tanah masyarakat. Kepala BPN: Kalau ada yang ingin menarik sertifikat, jangan dilayani!

 

 
Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil

NusantaraPostOnline.com, JAKARTA Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil menanggapi kontroversi pergantian sertifikat tanah fisik menjadi sertifikat tanah elektronik (Sertifikat el) yang tengah menjadi kontroversi pada masyarakat.

Menteri Sofyan menegaskan bahwa Kementerian ATR/BPN tidak akan menarik sertifikat tanah fisik yang masih dimiliki masyarakat. Menurut Sofyan, banyak masyarakat yang salah paham terkait pergantian sertifikat elektronik ini.

"BPN tidak akan pernah menarik sertifikat. Kalau ada orang mengaku dari BPN ingin menarik sertifikat, jangan dilayani," kata Sofyan seperti dikutip dari Antara dan dilansir KONTAN.CO.ID, Jumat (5/2/2021).

Kendati demikian, lanjut Sofyan, pemerintah dalam hal ini BPN akan tetap melanjutkan program peralihan sertifikat tanah dari fisik menuju berbasis sertifikat tanah elektronik atau Sertifikat el.

Namun Sofyan tak merinci, apakah sertifikat tanah fisik yang saat ini berupa kertas akan ditarik ke kantor BPN apabila proses peralihan menuju sertifikat tanah elektronik selesai dilakukan. 

"Sertifikat yang ada tetap berlaku sampai nanti dialihkan dalam bentuk media elektronik," jelas mantan Menteri BUMN tersebut. 

Editor: Togab BB

Sumber: KONTAN.CO.ID