Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Melalui Pelayanan Prima, SAMSAT Cikokol Dukung Konsep POLRI PRESISI yang Digagas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo


Gedung Kantor SAMSAT Cikokol Kota Tangerang. (NusantaraPostOnline.com/ROLIS)
_______________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, TANGERANG  - Kepala Unit Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Cikokol Kota Tangerang, AKP Miken Fendriyati menyambut baik konsep Polri Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan) yang merupakan cita-cita besar Kapolri Jenderal Pol Listyo Siigit Prabowo.

“Polri Presisi merupakan gagasan cerdas dan luar biasa. Saya sangat mendukung cita-cita Bapak Kapolri ini. Karenanya kami SAMSAT Cikokol siap menerapkan dan memwujudkan cita-cita Bapak Kapolri ini,” tutur Miken dalam keterangan tertulisnya di Cikokol, KotaTangerang, Banten, Senin, (01/02/2021).

Lebih lanjut Miken mengungkapkan,
sebagai personil Polri yang ditugaskan di bidang pelayanan publik, pihaknya menerjemahkan apa yang menjadi harapan Kapolri, khususnya dalam nelaksanakan fungsi pelayanan, yakni memberi Pelayanan Prima kepada masyarakat.

“Saat ini kami sedang melangkah ke tahap Pelayanan Prima kepada masyarakat. Prinsip ini tentu saja sejalan dengan cita-cita Bapak Kapolri, maka kami akan terus menerapkan prinsip ini dalam setiap pelayanan kami,” paparnya.

Menurut Miken, makna kata Presisi dalam konteks Pelayanan Prima dalam bidang pelayanan publik artinya tepat, akurat atau teliti.

“Dalam konteks Pelyanan Prima yang kami mulai wujudkan di SAMSAT Cikokol, kata Presisi ini lebih diartikan adanya pelayanan tepat, akurat, cepat, transparan dan informatif,” jelasnya.

Baca juga: 


Di SAMSAT Cikokol misalnya, sambung Miken, selama ini sudah membuka nomor WhatsApp pengaduan publik atau untuk kepentingan-kepentingan mendesak dari masyarakat terkait pelayanan di SAMSAT Cikokol sehingga bisa lebih cepat diatasi.

“Kami sudah gunakan WhatsApp pengaduan, selain itu kami juga sudah memasang di titik-titik sentral spanduk larangan mengunakan jasa calo bagi masyarakat. Langkah-lagkah ini tentu bagian dari upayah kami untuk terwujudnya Pelayanan Prima di Samsat Cikokol ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Miken menjelaskan, dalam konteks Pelayanan Publik, semangat Presisi ini dapat didalami sebagai wujud pelayanan pada masyarakat demokratis, apalagi di era Revolusi Industri 4.0. Hal tersebut dijabarkan dalam implementasi yang prediktif atau dapat dikatakan visioner proaktif antisipatif dan solutif (problem solving).

“Sementara Responsibilitas dapat dikatakan sebagai tindakan yang peka, peduli dan berbelarasa serta bertanggung jawab. Transparansi berkeadilan adalah bekerja terukur dapat dilihat dan dipertanggung jawabkan secara moral, secara hukum, secara administratif dan secara fungsional. Dalam standar inilah usaha Pelayanan Prima hendak kami wujudkan,” tutup Miken.

Sebagai informasi, Revolusi Industri 4.0 merupakan lompatan besar pada sektor industri, yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi dalam proses pengaplikasiannya. Sedangkan teknologi informasi dan komunikasi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi yang setinggi-tingginya sehingga menghasilkan model bisnis baru berbasis digital. (ROLIS/Red.)

Editor: Togab BB