Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PARKIR SEMBARANGAN di Ruang Milik Jalan, 3 Unit Kendaraan Diderek Petugas Sudinhub Jakbar



___________________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA - Petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat kembali mengambil tindakan tegas dengan menderek kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan atau ruang milik jalan. 

Sedikitnya ada tiga unit kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan di sekitar Kali Tanggul Timur, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, diderek petugas Sudinhub Jakarta Barat, Senin (1/2/2021).  Tiga unit kendaraan yang diderek tersebut, satu unit mobil pick-up dan dua unit truck engkel.

Komandan Regu Derek Sudinhub Jakarta Barat, Sumardin mengungkapkan, pihaknya sudah sering melakukan penderekan di wilayah tersebut.

"Kami terus memantau dan akan menderek kendaraan yang parkir sembarangan," kata Sumardin.


Sebelum melakukan penderekan, sambung Sumardin, pihaknya telah memasang rambu-rambu dan spanduk dilarang berhenti dan parkir di bahu jalan.

"Tapi para pelanggar terkesan tidak menggubris hal itu," pungkasnya.

Lebih lanjut Sumardin menuturkan, pihaknya akan terus menindak tegas dan tidak segan-segan menderek kendaraan yang parkir sembarangan di wilayah tersebut, 

“Sebab kawasan (Kali Tanggul Timur-red) ini padat terus, apalagi pada jam-jam sibuk, kemacetan bisa menular ke beberapa ruas jalan lainnya,” tandasnya.


Di kesempatan yang sama, seorang dari tiga pemilik kendaraan yang diderek, yang tidak disebutkan namanya mengaku, kendaraannya memang ia parkir di bahu jalan yang ada rambu larangan parkir.

"Saya bukan warga sini pak, memang ada rambu-rambu dilarang berhenti dan parkir, saya pikir tidak apa-apa," ujarnya.

Seperti diketahui, aturan dilarang parkir di bahu jalan sudah tertuang di Pasal 140 Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Penataan Lalulintas di Ibu Kota.

Dalam Pasal 140 Perda Nomor 5 Tahun 2014 tersebut, ayat (1) hingga ayat (3) menyebutkan :

(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi;

(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan; dan

(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat. (MBR/Red.)

Editor: Togab BB
_________________________