Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kembangkan Wisata Danau Toba, Sandiaga Uno Lepas 30 Siswa Sumut Magang ke Bali

____________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA  - Sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang telah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno,  Kawasan wisata Danau Toba kini terus berbenah, mulai membangun Toba kaldera Unesco Global Geopark, memperbaiki infrastruktur hingga pengembangan kualitas sumber daya manusia  (SDM) di bidang pariwisata.

Dalam rangka pengembangan kualitas SDM untuk mendukung pengembangan kawasan wisata Danau Toba itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Jumat (26/3/2021) yang lalu melepas 30 siswa di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, untuk magang selama delapan bulan di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali.

Di kawasan 'The Kaldera Nomadic Escape' Desa Sigapiton, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu  mengungkapkan, bahwa dengan proses belajar yang akan dilakukan di Poltekpar Bali yang lokasinya berdekatan dengan objek wisata Sanur, para siswa magang ditargetkan akan mampu mematangkan ilmu dan pengalannya di bidang pariwisata, mengingat kasan Sanur merupakan salah satu objek wisata andalan Bali.


Sandiaga berharap program siswa magang tersebut mampu membangkitkan dan memompa semangat bahwa semua pihak harus banglit dari dampak pandemi Covid-19, serta dapat membuka peluang pada generasi muda di sekitar kawasan Danau Toba agar bisa menjadi SDM pariwisata berkelas dunia. 

Karena itu, Sandiaga berpesa kepada para siswa magang agar dapat mempelajari semua ilmu dan pengalaman selama di Pulau Dewata, yang nantinya bisa diterapkan demi meningkatkan kualitas layanan pariwisata di kawasatan eisata Danau Toba.

Baca juga:


"Dengan sistem magang dan sistem yang diterapkan oleh Poltekpar atau Politeknik Pariwisata di Bali harapannya agar setelah delapan bulan mereka (para siwa magang, red) kembali mendapatkan wawasan global yaitu SDM terbaik pariwisata tapi juga berkearifan lokal," ujarnya.

Selain melepas siswa magang, Sandiaga juga meninjau perkembangan beberapa pembangunan tempat wisata yang ada di kawasan Danau Toba.


Untuk diketahui, di danau seluas 1.145 Km2 dengan kedalaman 450 meter itu, selain pekerjaan jembatan Aek Tano Ponggol, kini telah dikerjakan pelebaran alur Tano Ponggol oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) dari 25 meter menjadi 80 m sepanjang 1,2 Km sehingga dapat dilewati oleh kapal pesiar.

Jembatan Aek Tano Ponggol merupakan satu-satunya akses darat menuju Pulau Samosir yang lokasinya berada di Pamgunguran. Desain jembatan Aek Tano Ponggol sepanjang 450 meter akan mengadposi kearifan lokal adat Batak dengan perkiraan ketinggian ideal jembatan sekitar 8-9 meter dari permukaan danau, agar dapat dilewati oleh kapal pesiar atau kapal wisata mengelilingi danau terbesar di Asia Tenggara itu. (ANTARA/NPO)

Editor: Togab BB