Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

INSPIRATIF, Rumah Makan Gratis 'RMGU' di Tangerang buka setiap hari, tanpa syarat


________________________/__________________________________
NusantaraPostOnline.com, TANGERANG - Rumah makan yang berlokasi di Jalan Raya Kresek, Desa Merak, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Provibsi Banten, selalu ramai pengunjung khususnya pada saat jam makan siang.

Rumah makan yang berdiri di lahan seluas 5x12 meter persegi itu oleh pemiliknya diberi nama "Rumah Makan Gratis Uwais" atau RMGU.

Menurut Soni Darsono, salah seorang anggota keluarga pemilik rumah makan RMGU itu, inspirasi berdirinya rumah makan gratis itu bermula dari adanya pembagian nasi bungkus setiap Jumat, terhadap kaum dhuafa dan orang-orang yang membutuhkan di daerah pemukimannya di wilayah Desa Merak, Kecamatan Sukamulya.

Lebih lanjut Soni mengatakan, rumah makan gratis RMGU yang dikelola oleh keluarga besarnya itu setiap harinya menyediakan sebanyak 400 porsi, dan buka setiap hari dalam dua sesi, kecuali hari libur dan hari besar.

"Sesi pertama mulai pukul 10:30 WIB, dan buka kembali sesi kedua pada pukul 14:30 WIB, sampai habis," ucap Soni kepada awak media, Jumat (19/03/2021).


Soni menjelaskan, setiap hari keluarganya menghabiskan Rp1,5 juta untuk biaya belanja keperluan warung makan gratis RMGU itu.

"Dari belanja bahan pokok, masak hingga pelayanan, dan untuk pembelanjaan bahan pokok, kami menghabiskan Rp 1.5 jt dalam satu hari, dengan tiga menu utama ikan, ayam, telur dan dua menu pendamping sayuran dan otak tempe," tutur Soni.

Sedangkan untuk tempat warung makan, sambung Soni, keluarganya menyewa tempat dan mengeluarkan Rp45 juta per dua tahun, dan baru berjalan selama tujuh bulan.

Untuk modal rumah makan RMGU itu, masih dikatakan Soni, awalnya bersumber dari modal pribadi keluarga besarnya, mulai dari sewa tempat, peralatan serta bahan pokok makanan.

"Namun seiring berjalannya waktu Alhamdulillah satu persatu pendonasi mulai ada," katanya.

Baca juga:


Sementara itu Fery yang juga salah seorang anggota keluarga pemilik runah makan RMGU itu mengatakan, rumah makan RMGU yang dikelola keluarga besarnya itu menyediakan makan siang gratis bagi siapa saja yang datang. namun tidak untuk dibawa pulang.

"Kecuali untuk kaum disabilitas boleh dibawa pulang," ujar Fery.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) pengelola warung makan gratis RMGU itu menerapkan prokes atau protokol kesehatan

"Demi mencegah penyebaran virus Covid-19, kami tetap menerapkan protokol kesehatan, dan bagi pengunjung yang tidak memakai masker tidak di perkenankan masuk untuk makan di sini," imbuhnya. (R.Noer)

Editor: Togab BB