Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sesuai SKB 4 Menteri, Mendikbud: Semua Sekolah Wajib Belajar Tatap Muka Juli 2021

Mendikbud Nadiem Makarim. (Youtube/KEMENDIKBUD RI)
_______________________________________^______________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA - Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, yang disampaikan secara virtual pada akun resmi Youtube Kemendikbud RI, Selasa (31/03/21), Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan, bahwa semua sekolah harus sudah membuka belajar tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

“Jadi bukan diterapkan di Juli 2021, tapi aspirasinya semua sekolah sudah belajar tatap muka di Juli 2021. Itu sesuai keputusan SKB 4 Menteri,” kata Nadiem dalam keterangan resmi yang disiarkan di kanal Youtube KEMENDIKBUD RI, seperti dikutip NusantaraPostOnline.com, Rabu (31/3/2021).

Menurut Nadiem, beberapa sekolah saat ini memang sudah menerapkan kembali belajar tatap muka. Sehingga di bulan Juli mendatang ia mengharapkan semua sekolah bisa membuka belajar tatap muka secara normal dengan tetap menerapkan Prokes atau Protokol Kesehatan yang ada.

Kendati demikian, Nadiem menekankan, apabila pembelajaran tatap muka di sekolah sudah berjalan, selain wajib menerapkan Prokes, kapasitasnya hanya sebesar 50%. Karena itu, sekolah juga tetap membuka sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Lebih lanjut Nadiem menjelaskan, pilihan sekolah tatap muka atau  pembelajaran jarak jauh dikembalikan kepada orangtua dari siswa.

“Orangtua yang memilih, apakah anaknya belajar tatap muka atau tetap PJJ dari rumah,” jelas Nadiem.

Baca juga:


Pembelajaran tatap muka di sekolah sebagaimana dimaksud dalam SKB 4 Menteri ini sejalan dengan program vaksinasi bagi guru, dosen, dan tenaga kependidikan yang terus berjalan.

Sebelumnya Pemerintah menargetkan, program vaksinasi guru, dosen, dan tenaga kependidikan ditargetkan bisa selesai di akhir Juni 2021.

Penulis: T. Kennedy Ridwan
Editor: Togab BB