Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kunjungi Magelang Jateng, Sandiaga Uno pilih menginap di Nepal van Java ketimbang di Hotel Berbintang

_________________________________
NusantaraPostOnline.com, MAGELANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Jumat 2 April 2021 yang lalu berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengunjungi lokasi wisata Nepal van Java yang berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Tak hanya berkunjung, mantan Wakil Gubernur DKI  Jakarta itu bahkan menyempatkan diri untuk menginap langsung di Nepal van Java.

Adapun keputusan Sandiaga untuk menginap di Nepal van Java terbilang mendadak.

Ia sebenarnya sudah dijadwalkan menginap di hotel berbintang di Kota Magelang, seperti dilaporkan Kompas.com, Sabtu (3/4/2021).

Destinasi wisata domestik itu memiliki keunikan yang membuatnya dijuluki Nepal van Java.

Itu karena rumah-rumah penduduk Dusun yang ada di lereng Gunung Sumbing itu seolah bertumpuk, sehingga nuansanya mirip dengan Negara Nepal.

Bedanya, latar belakang Nepal van Java adalah Gunung Sumbing, bukan Gunung Everest seperti negara Nepal.


Keindahan Nepal van Java pun diakui langsung Sandiaga. Karena itu, dirinya tidak menyesal menginap di sana.

“Begitu bangun pagi, saya enggak nyesel nginep di sini karena pemandangan, sunrise-nya betul-betul luar biasa," kata Sandiaga dalam audiensi bersama warga di Dusun Butuh, Sabtu (3/4/2021).

Selain pemandangannya indah, mantan Cawapres 2019 tu juga mengatakan, bahwa suasana di Nepal van Java begitu majestic dan eksotis.


Menurut Sandiaga, pengalamannya itu merupakan prestasi warga setempat yang sukses mengonversi Dusun Butuh menjadi tempat instagramable.

Baca juga:

Lebih lanjut pria kelahiran 28 Juni 1969 itu mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan warga Dusun Butuh juga merupakan salah satu solusi di tengah keterbatasan, seperti kebijakan pelarangan mudik Lebaran.

Karena itu sebagai tempat wisata lokal, sambung Sandiaga, Neval van Java bisa menjadi tujuan wisata masyarakat karena akan tetap dibuka guna mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

"Mudik ditiadakan, keputusan pemerintah harus kita dukung, tapi Dusun Butuh ini harus siap karena pasti akan ada kunjungan yang sangat luar biasa, warga Kota Magelang, mungkin Semarang yang tidak bisa mudik akhirnya (berwisata) cari yang dekat," ucap salah satu pendiri PT Saratoga Investama Sedaya itu.

Kendati demikian, Sandiaga mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak muncul klaster wisata.*

Sumber KOMPAS.com
Editor: Togab BB