Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Panglima TNI: 53 Awak KRI Nanggala-402 Yang Telah Gugur Adalah Para Prajurit Terbaik Bangsa


     ________________________________________________________
Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI, saya sampaikan rasa dukacita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur.Semoga Tuhan yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran dan ketahaban,
________________________________________________________


NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Sebanyak 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur, kata Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4/2021) petang.

Rasa sedih terlihat saat Panglima TNI mengumumkan gugurnya 53 prajurit terbaik bangsa di Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang dan tenggelam di perairan Bali. Kesedihan itu mulai terlihat saat Panglima TNI menghela nafas panjang, berhenti sejenak sembari menatap ke depan dan melanjutkan konferensi pers.

“Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11. Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan.....,” sejenak Panglima TNI berhenti sembari menunduk.

Kemudian mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu melanjutkan pernyataannya secara perlahan.

Suara Panglima TNI terdengar tercekat dan bergetar saat menyampaikan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 gugur.

“Oleh Karena itu dengan kesedihan mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personil yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” ucapnya.

“Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di utara perairan Bali,” lanjut Panglima TNI.

Atas nama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan ucapan dukacita mendalam kepada keluarga 53 prajurit terbaik bangsa yang ada di dalam Kapal Selam KRI Nanggala-402 dan yang telah gugur saat melaksanakan tugas di perairam Bali.

“Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI, saya sampaikan rasa dukacita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran dan ketahaban,” ucap Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, dalam konferensi pers secara virtual pada Minggu (25/4/2021), Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono mengatakan, kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4/2021), ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.

Lebih lanjut KSAL Laksamana Yudho Margono menuturkan, berdasarkan hasil kontak visual, kapal selam KRI Nanggala-402 terbelah menjadi tiga bagian seperti pada bagian belakang kapal yang tidak berbadan tekan, buritan badan kapal, hingga bagian haluan yang terlepas.

Menurut KSAL, dengan kondisi kapal selam yang berada pada kedalaman 838 meter, sangat kecil kemungkinan 53 awak kapal dapat diselamatkan.

"Tadi sudah disampaikan Panglima TNI rasa duka tentunya mereka menjadi korban dalam kejadian ini," ujar Laksamana Yudho Margono. (TribunNews/NPO)

Editor: Togab BB
____________________________________
Baca juga: