Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Cegah Penyebaran Virus Corona, Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Bakal Pasang Stiker di Rumah Warga yang Nekat Mudik


Ilustrasi: Penyekatan jalur mudik. (Antara)
_____________________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, BEKASI -- Satuan Tugas (Sargas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bakal memasang stiker di rumah warga yang nekat mudik. 

Hal ini untuk memudahkan proses pendataan dan pemeriksaan kesehatan warga saat kembali dari perjalanan luar daerah.

"Yang mudik dan rumah yang ditinggal mudik penghuninya akan kami tempelkan stiker," kata Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan, seperti dilansir dari Liputan6.com, Kamis (13/5/2021).

Menurutnya, saat ini Pemkab Bekasi sedang melakukan pendataan jumlah warga yang mudik. Proses pemasangan stiker nantinya akan dilakukan Satgas Penanganan Covid-19, serta melibatkan aparatur Desa, hingga pengurus RT/RW setempat.

"Pemasangan itu dilakukan untuk menandakan warga yang telah melakukan mudik," ujar Kombes Hendra Gunawan, yang juga menjabat sebagai Kapolres Metro Kabupaten Bekasi itu.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, setiap pemudik yang rumahnya dipasangi stiker akan diperiksa kesehatannya saat kembali ke tempat kediaman masing-masing.

Baca juga:

Menurut Hendra, fungsi stiker tersebut untuk memastikan pemudik yang kembwali ke wilayah Kabupaten Bekasi dalam keadaan sehat atau bebas Covid-19.

"Pemudik harus dipastikan tidak terpapar Covid-19," jelas Hendra.

Namun bagi pemudik yang sudah mengantongi surat negatif Covid-19, sambung Hendra, hanya perlu menjalani pendataan saja.

"Jika tidak punya surat hasil negatif Covid-19, petugas akan melakukan tes usap antigen sampai ke treatment," tandasnya.

Hendra berharap upaya ini mampu menekan angka penyebaran virus corona usai mudik Lebaran 2021, khususnya di Kabupaten Bekasi.

"Kita tidak ingin terjadi peningkatan kasus COVID-19 setelah masa mudik Lebaran ini," harapnya. (Liputan6.com/NPO)

Editor: Togab BB