Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Disdik DKI Jakarta peringati HARDIKNAS 2021, Nahdiana: Kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dan menambah wawasan peserta didik

 

 
______________________________________________________________________

NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Hari Pendidikan Nasional (HARDIKANS) ditetapkan setiap tanggal 2 Mei yang bertepatan dengan hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional  Ki Hadjar Dewantara.

Beliau (Ki Hadjar Dewantara) mendirikan Perguruan Taman Siswa pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta, dengan tujuan agar penduduk pribumi biasa pada saat itu dapat mengenyam pendidikan yang sama.

Ki Hadjar Dewantara yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat merupakan Menteri Pendidilan dan Kebudayaan RI pertama. Sebelumnya, Beliau mendedikasi hidupnya untuk mencerdaskan rakyat Indonesia dan berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda. Karena itu Ki Hadjar Dewantara disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2021, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menyelenggarkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2021 secara virtual atau streaming melalui Channel Youtube RADIO DISDIK JAKARTA (@radiodisdik), pada Minggu (2/5/2021) pagi lalu.

Peringatan HARDIKNAS 2021 yang diselenggarakan oleh Disdik DKI Jakarta tersebut mengusung tema 'Merdeka Belajar dalam mewujudkan Pendidikan Tuntas dan Berkualitas di DKI Jakarta'

Dalam acara peringatan HARDIKNAS 2021 yang diselenggarakan secara Daring dan Luring itu dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Istri.


Memulai rangkaian acara peringatan HARDIKNAS 2021 tersebut Gubernur Anies melakukan pemotongan tali dan pelepasan Balon raksasa yang berada di halaman bangunan gedung (Disdik DKI Jakarta) berbentuk limas, di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.


Disebutkan bahwa pelepasan balon tersebut mempunyai makna, yaitu pemerintah provinsi DKI Jakarta senantiasa memberikam kekuatan, semangat dan motivasi kepada kepada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan layanan pendidikan terbaik di DKI Jakarta menjadi pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua.

Dalam laporannya di hadapan Gubernur Anies Baswedan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana S.Pd., M.Pd., mengungkapkan bahwa Rangkaian kegiatan peringatan  Hari Pendidikan Nasional ini dilaksanakan baik secara Daring dan Luring yang dimulai dari tanggal 13 April 2021 yang lalu.


"Rangkaian kegiatan peringatan  Hari Pendidikan Nasional ini dilaksanakan baik secara Daring dan Luring yang dimulai dari tanggal 13 April," ujar Nahdiana.

Lebih lanjut Nahdiana menuturkan bahwa tujuan dari rangkaian kegiatan HARDIKNAS yang dilaksanakan pada tahun ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan menambah wawasan peserta didik untuk mewujudkan sistem pendidikan yang sarat dengan nilai budaya serta menggelorakan kreativitas peserta didik.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan menambah wawasan peserta didik untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang sarat dengan nilai budaya serta menggelorakan kreativitas-kreativitas anak-anak kami, lalu berkreasi, berinovasi dan insyaAllah tetap berprestasi di masa pandemi yang sekarang ini sudah lebih satu tahun, mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," tuturnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Anies Baswedan memaparkan pentingnya pendidikan serta pentingnya mencerdaskan kehidupan Bangsa.


"Bahwa kita diingatkan tentang pentingnya pendidikan, pentingnya mencerdaskan kehidupan Bangsa, inilah kunci satu-satunya untuk bisa mengubah nasib pribadi maupun nasib kolektif bangsa, karena pendidikan menjadi kesempatan bagi semua untuk meraih kehidupan yang lebih baik untuk bisa berkontribusi lebih besar," paparnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Anies mengingatkan perlunya memastikan bahwa semua kita mendapatkan kesempatan yang sama, selain untuk bisa terdidik dan bisa  bisa maju, bahkan bisa melampaui cita-cita.

"Tugas kita sekarang adalah memastikan bahwa semua kita mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa terdidik, untuk bisa maju, untuk bisa bukan saja meraih cita-cita mudah-mudahan melampaui cita-cita," tandasnya.

Seperti diketahui, tema nasional HARDIKNAS 2021 adalah 'Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar'.

"Ini tema nasional yang kita di Jakarta menterjemahkan oleh Dinas Pendidikan menjadi "Merdeka Belajar dalam mewujudkan pendidikan tuntas dan berkualitas di DKI Jakarta," jelas Gubernur Anies.

"Saya ingin ingatkan kita semua bahwa jangan lupa pendidikan adalah bagian dari kebudayaan, jangan pernah lupa itu," tutupnya.





Pada puncak acara, selain diiringi dengan penyerahan KSBB Gawai, juga menampilkan berbagai karya peserta didik yang ditampilkan seperti pameran lukisan, menyanyi, memainkan permainan engrang, serta memperkenalkan budaya Betawi seperti atraksi palang pintu, kariwitan, serta penampilan flashmob dari perwakilan 5 kota administrasi Provinsi DKI Jakarta.

Seluruh peserta yang hadir dan peserta kegiatan yang mengisi acara perayaan HARDIKMAS 2021 tersebut telah melakukan swab dan menerapkan protokol kesehatan. (*Red.)

Editor: Togab BB
_____________________________________________________
Baca juga: