Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kolam Pemandian Alam Cirahab Banten, Airnya Jernih Nan Sejuk, Patut Dikunjungi!

 

 

Pemandian alam Cirahab yang bersumber dari gunung, sehingga airnya sangat jernih dan sejuk.
_____________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, SERANG -- Kabupaten Serang Provinsi Banten memiliki banyak tempat pemandian alam mempesona yang patut dikunjungi dan dicoba.

Salah satunya adalah pemandian alam Cirahab yang berlokasi di Kampung Sukaraja, Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang.

Keunggulan tempat pemandian Cirahab adalah airnya yang sangat jernih dan sejuk.

Kejernihan dan kesejukan airnya, membuat kolam Cirahab tidak hanya menarik perhatian untuk dikunjungi masyarakat setempat maupun wisatawan lokal, bahkan turis asing pernah berkunjung ke tempat oemandian yang airnya tak pernah kering itu.

Menurut warga setempat, Cirahab konon berasal dari kata bahasa Sunda dialek Banten yaitu ngerahab yang berarti banyak yang mengunjungi.

Warga sekitar percaya penamaan itu sebagai doa atau prediksi dari orang tua masa lalu bahwa suatu saat pemandian alam Cirahab akan banyak yang mengunjungi.

Pemandian Cirahab memilik tiga kolam air alam yang bisa dinikmati pengunjung. Dua kolam berada bersisian di bawah, sementara satu kolam lain berada di atas dan dekat dengan pohon beringin besar.

Air di kolam pemandian Cirahab merupakan air alami yang bersumber dari gunung, sehingga airnya terus mengalir tanpa henti. Bahkan menurut keterangan warga sekitar, air di kolam Cirahab tidak akan pernah kering meski kemarau panjang melanda. 

Masyarakat setempat mempercayai air itu keluar dari akar-akar pohon beringin yang ada persis di samping kolam Cirahab.

Bagi pengunjung yang berenang di kolam yang paling atas atau paling bawah tidak akan dikenai biaya alias gratis. Namun bila ingin berenang di kolam tengah maka pengunjung akan dikenai biaya Rp3.000 per orang. 

Pungutan biaya itu dilakukan oleh seorang warga yang konon mengurus kolam itu ketika terjadi kebocoran dan kerusakan lainnya, sehingga ia merasa berhak meminta uang dari pengunjung yang berenang di kolam yang ia urus itu.

Untuk yang ingin berenang dengan menggunakan pelampung, pengunjung dapat menyewanya dari warga sekitar yang menyewakan pelampung. 

Pelampung yang ada berbentuk bebek-bebekan atau yang polos, yang erupakan 

Baca juga:

Lokasi pemandian alam Cirahab sekitar satu jam perjalanan dari Kota Serang. Perjalanan dari Kota Serang bisa melalui rute ke arah perempatan Pal Lima, lalu mengambil arah Ciomas-Padarincang. Sesampai di pertigaan Pasar Ciomas, berbelok ke kanan.

Suasana perjalanan dengan pemandangan persawahan, Gunung Karang dan Gunung Pulosari, membuat lamanya perjalanan tak terasa bagi pengendara.

Bagi masyarakat yang akan berkunjung ke kolam pemandian Ciraha diwajibkan mentaati protokol kesehatan Prokes atau Protokol kesehatan.[]