Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Laju Kasus COVID-19 Meningkat Tajam, Permintaan Plasma Darah di PMI Kota Tangerang Naik Drastis


Screening calon pendonor plasma konvalesen di Polres Metro Tangerang Kota oleh PMI Kota Tangerang.(Tribun)
______________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Kasus COVID-19 di Kota Tangerang belakangan ini sedang melonjak tajam. Seiring dengan lonjakan tersebut, permintaan plasma konvalesen di wilayah ini pun meningkat drastis.

"Permintaan sangat banyak di kami. Beberapa rumah sakit di luar dan di dalam Kota Tangerang banyak yang minta (plasma konvalesen)," ungkap  Oman Jumansyah selaku Ketua PMI Kota Tangerang, Provinsi Banten, seperti dilansir dari Liputan6.com, Senin (28/6/2021),

Untuk memenuhi tingginya permintaan tersebut, menurut Oman, pihaknya membuka jalur untuk warga ber-KTP luar Kota Tangerang untuk menyumbangkan plasma konvalesen. Nantinya, plasma konvalesen itu akan disalurkan kepada rumah sakit yang membutuhkan.

"Misal ada orang KTP DKI Jakarta dan mau donor di sini dipersilahkan banget, nanti plasma konvalesennya akan diberikan kepada rumah sakit gak di Kota Tangerang saja, ke daerah lain, tergantung permintaan," jelas Oman.

Lebih lanjut Oman mengatakan, saking tingginya permintaan, PMI Kota Tangerang tidak akan menyetok persediaan plasma darah tersebut, melainkan langsung menyalurkan bagi pasien COVID-19 yang memerlukan.

"Pokoknya kita enggak stok, begitu ada plasma konvalesen langsung kita kirim saja," pungkasnya.

Dia menyebut, saat ini rata-rata sehari ada 20 permintaan plasma konvalesen dari berbagai rumah sakit kepada PMI Kota Tangerang.

Data terbaru pada Senin (28/6/2021) pada pukul 12.00 WIB, jumlah permintaan plasma konvalesen yang terlayani oleh PMI Kota Tangerang adalah, golongan darah A sebanyak 670 kantong, golongan darah B 691 kantong, golongan darah O 1007 kantong dan golongan darah AB 146 kantong, sehingga total 2.514 kantong.[]