Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kabar Gembira! Layanan  SIM  Keliling  Polda Banten Kini Hadir di Kabupaten Tangerang


_____________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, TANGERANG -– Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten membuka satu titik lagi tempat pelayanan perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Untuk Simling (SIM keliling) yang sudah berjalan saat ini di Kabupaten Tangerang berlokasi di halaman parkir Samsat Balaraja ditetapkan pada  hari Rabu, sementara untuk layanan titik kedua yang  bertempat di kawasan Perumahan Telaga Bestari, Kecamatan Cikupa, Tangerang, dan dilangsungkan pada hari Jumat setiap minggunya," Ujar Bripka Syarif, Jumat (16/7/2021).

Lebih lanjut Syarif menerangkan bahwa penambahan layanan SIM keliling ini merupakan salah satu strategi dalam upaya untuk memperluas layanan, sekaligus meningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan.

Selain itu, juga untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Semoga dengan adanya (penambahan, red) layanan keliling untuk publik ini dapat mempersingkat birokrasi yang selama ini mungkin di keluhkan oleh masyarakat," imbuhnya.

Adapun pelayanan SIM keliling ini dikhususkan melayani perpanjangan masa berlaku SIM A dan SIM C.

"Tidak untuk melayani pembuatan SIM baru," tandasnya.

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan publik ini setiap hari kerja pukul 08:00 - 14:00 WIB.

"Layanan ini dibuka pada pukul 08:00 WIB hingga 14:00 WIB," kata Syarif.

Sebagai informasi, ketentuan biaya permohonan perpanjangan masa berlaku SIM sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016, tentang penerimaan Negara bukan pajak. Untuk perpanjangan masa berlaku SIM A ditentukan sebesar Rp80.000, sedangkan  untuk perpanjangan masa berlaku SIM C sebesar Rp75.000. 

Bagi para pemohon perpanjangan SIM A dan SIM C wajib melampirkan berkas data pribadi, yakni:

- Fotocopy KTP yang masih berlaku;
- Fotocopy SIM yang lama dengan menyertakan yang asli;
– Bukti kesehatan: dan
- Psikologi.

“Demi mencegah penyebaran Virus Covid 19", pelayanan ini dilakukan tetap menerapkan protokol  Kesehatan 3M, Mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker yang di himbau kepada pemohon saat mengunjungi lokasi SIM keliling di masa Pandemi ini”, tutup Syarif.(R. Noer)