Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kemenkes Mulai Luncurkan Layanan Obat Gratis Bagi Isoman Covid-19 Lewat Telemedicine, Simak Cara Mendapatkannya


Infografis Link Telemedicine/CNBC Indonesia)
______________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARATA  -- Pemerintah mulai melumcurkan layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Layanan telekomunikasi untuk informasi dan pelayanan medis jarak jauh ini menyediakan fasilitas konsultasi dokter hingga pengiriman obat gratis.

Obat atau vitamin gratis ini merupakan program Pemerintah melalui kementerian kesehatan (Kemenkes) yang mulai dilaksanakan sejak Selasa (6/7/2021) untuk para pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang melakukan Isoman di rumah.

Dalam program ini, Kemenkes bekerja sama dengan 11 platform kesehatan. Yakni Get Well, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, Klik Go, Link Sehat, Milvik Dokter, Pro Sehat, SehatQ, Yesdok dan Alodokter.

Secara teknis, 11 platform  telemedicine tersebut terintegrasi dengan 742 laboratorium PCR/Antigen yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan. Sehingga apabila hasil PCR warga di 742 laboratorium itu positif, maka mereka akan mendapatkan layanan telemedicine secara gratis.

Selain konsultasi dengan dokter, melalui layanan ini, pemerintah akan mengirimkan paket obat gratis kepada pasien isolasi mandiri. Paket obat tersebut terdiri dari Multivitamin (C,B,E,Zinc), Azitromisin 500 mg, Oseltamivir 75 mg, dan Parasetamol Tablet 500 mg.

Untuk mendapatkan obat atau vitamim gratis ini, caranya pun cukup mudah.

Dilansir dari health.detik.com, untuk mendapatkan obat gratis selama isolasi mandiri melalui layanan telemedicine, pasien bisa mengikuti sejumlah langkah berikut ini.

1. Pasien melakukan tes PCR atau swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Jika hasil tes menyatakan positif COVID-19, maka pasien akan menerima WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

2. Pasien bisa melakukan konsultasi online dengan dokter di salah satu platform layanan telemedicine secara gratis dengan klik tautan yang terdapat dalam pesan WhatsApp Kemenkes RI dan memasukkan kode voucher di aplikasi yang dipilih.

4. Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien.

5. Apabila pasien dinyatakan masuk ke dalam kategori pasien yang bisa melakukan isoman, maka obat dapat ditebus secara gratis usai konsultasi.

6. Untuk mendapatkan obat secara gratis, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma, berikut ini daftar nomornya:

• Jakarta Timur 0811-222-3049
• Jakarta Utara 0811-222-1832
• Jakarta Pusat 0878-7724-1590
• Jakarta Selatan 0895-3248-74355
• Jakarta Barat 0878-7724-1405

7. Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture), KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.

8. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes dan dikirimkan menggunakan jasa pengiriman yang bekerja sama dengan  telemedicine Kemenkes.

Untuk diketahui, program telemedicine (obat atau vitamin gratis) ini hanya berlaku untuk pasien yang berdomisili di DKI Jakarta.[]