Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Subsidi UKT Rp 2,4 Juta dari Pemerintah Segera Cair, Berikut Cara Mendapatkannya


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI)

________________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut pemerintah akan kembali memberikan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada para mahasiswa yang membutuhkan.

Nadiem mengungkapkan, bantuan UKT ng diberikan dengan batas maksimal Rp 2,4 juta diitujukan kepada mahasiawa aktif semester III, semester V, dan semester VII.

"Jika, lebih besar dari itu maka selisih UKT dengan batas maksimal Rp 2,4 juta menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai kondisi mahasiswa," ujar Nadiem, seperti dilansir dari KOMPAS.com, Rabu (4/8/2021).

Lebih lanjut Nadiem mengatakan, bantuan itu akan diberikan kepada mahasiswa yang membutuhkan dan bukan penerima bantuan lainnya, seperti KIP Kuliah maupun Bidikmisi.

"Kondisi keuangannya membutuhkan bantuan UKT," katanya.

Cara mendapat bantuan UKT Rp 2,4 juta tersebut mahasiswa harus mendaftarkan diri melalui pimpinan perguruan tinggi masing-masing.

Nantinya, perguruan tinggi akan menyampaikan data mahasiswa tersebut ke Kemendikbudristek.

"Sama prosesnya seperti sebelumnya. Bantuan akan mulai disalurkan secara langsung ke perguruan tinggi masing-masing," tutur Nadiem.

Adapun  penyaluran bantuan UKT sebesar Rp2,4 juta itu akan disalurkan melalui rekening perguruan tinggi.*