Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Anggota DPR Apresiasi Kapolri Instruksikan Jajarannya Tindak Tegas Anggota Polri Pelanggar Aturan


Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo/Tangkapan layar video conference
__________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, menegaskan agar Anggota (Polri) yang terbukti melanggar aturan agar tidak segan-segan untuk segera ditindak tegas.

"Jangan Ragu Pecat-Pidanakan Anggota Pelanggar, Nggak Pakai Lama," tulis Kapolri Listyo di akun Twitter miliknya @ListyoSigitP, Selasa (19/10/2021).

Hal itu disampaikan Kapolri Listyo mennyusul sorotan publik terhadap anggota kepolisian yang melakukan pelanggaran dalam kasus kekerasan berlebih terhadap warga masyarakat.

Video Terkait:

Lebih lanjut Kapolri Listyo mengungkapkan, bahwa ia telah menginstruksikan seluruh jajarannya melalui video conference untuk menindak tegas oknum Anggota Polri yang terbukti melanggar aturan saat menjalankan tugas.

"Hari ini saya menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajaran melalui video conference untuk memberikan tindakan tegas kepada oknum Anggota Polri yang melanggar aturan saat menjalankan tugas," kata Jenderal Pol. Listyo.

"Saya juga berpesan kepada seluruh jajaran Polri untuk jangan anti-kritik. saya menegaskan apabila ada kritik dari masyarakat harus dilakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik," tegas Kapolri Listyo.

"Saya meminta Polri menjadi lembaga yg terbuka, sehingga tidak anti-kritik terhadap masukan masyarakat," tutupnya.

Instruksi Kapolri yang menindak tegas personelnya saat melakukan pelanggaran dalam kasus kekerasan pada masyarakat tersebut mendapat apresiasi dari anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi.

"Kita patut apresiasi langkah Kapolri, semoga di bawah komando beliau, Polri dapat terus berubah secara bertahap, semakin profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya serta dicintai masyarakat," kata  Andi Rio di Jakarta, Selasa (19/10/2021), mengutip Antara.

Menurut dia, langkah Kapolri tersebut merupakan upaya mencegah aparat kepolisian untuk bertindak berlebihan kepada masyarakat dengan melakukan kekerasan.

Andi Rio berharap instruksi Kapolri tersebut dapat diimplementasikan secara nyata bagi seluruh jajaran institusi polri di bawah, jangan sampai petunjuk dan arahan tersebut hanya sekedar dibaca dan dipelajari tanpa direalisasikan para personel Polri.

"Mari jadikan kesalahan yang terjadi di Polsek Sei Tuan, Deli Serdang Polda Sumut dan Polres Kota Tangerang Polda Banten sebagai pembelajaran dan bahan evaluasi di Polri. Jadikan kritik masyarakat yang membangun sebagai semangat dan bukti bahwa institusi Polri menjadi perhatian dan dicintai masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Polri melakukan penegakan hukum secara tegas terhadap anggota kepolisian yang melakukan pelanggaran dalam kasus kekerasan berlebih terhadap masyarakat.

Pernyataan itu tertuang dalam surat telegram atas nama Kapolri dengan Nomor: ST/2162/X/HUK.2.8./2021 yang ditandatangani Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Senin,18 Oktober 2021.*[Red]

Editor: Togab BB