Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Meterai Rp 6.000 dan Rp 3.000 Masih Bisa Dipergunakan. Ini Batas Waktunya....


Meterai tempel nominal Rp6.000 dan Rp3.000/Via:fastnewasindonesia.com

________________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Meterai tempel dengan nominal Rp6.000 dan Rp3.000 yang dicetak berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 65 Tahun 2014 masih dapat dipergunakan hingga tiga bulan ke depan.

Merujuk pada Pasal 28 ayat (1) PMK Nomor 134 Tahun 2021, kedua jenis meterai tempel tersebut tetap berlaku dan dapat dipergunakan untuk pembayaran bea meterai hingga 31 Desember 2021.

"Pembayaran bea meterai dengan menggunakan meterai tempel ... dilakukan dengan ketentuan menggunakan meterai tempel yang sah dan berlaku ... serta belum pernah dipakai untuk pembayaran bea meterai atas suatu dokumen," demikian bunyi Pasal 28 ayat (2) PMK 134/2021, seperti dikutip DDTCNews.co.id, Selasa (5/10/2021).

Apabila masyarakat akan menggunakan meterai lama untuk pembayaran bea meterai atas suatu dokumen, maka meterai tempel yang direkatkan pada dokumen paling sedikit senilai Rp9.000.

Selanjutnya, meterai tempel harus direkatkan seluruhnya dengan utuh dan tidak rusak di tempat tanda tangan akan dibubuhkan. Tanda tangan harus dibubuhkan sebagian di atas lembar kertas dan sebagiannya lagi di atas semua meterai tempel.

Baca juga:
Untuk Penuhi Kebutuhan Serba Digital, Pemerintah Resmi Luncurkan e-Meterai Rp 10.000

Adapun penulisan Tanggal, bulan, dan tahun dilakukannya penandatanganan juga harus dicantumkan agar pembayaran bea meterai menggunakan meterai tempel tersebut dapat dinyatakan sah.

Seperti diketahui, setidaknya terdapat dua ketentuan yang perlu diperhatikan agar pembayaran bea meterai menggunakan meterai tempel dinyatakan sah. Pertama, meterai tempel yang digunakan harus meterai yang sah dan belum pernah dipakai untuk pembayaran bea meterai.

Kedua, meterai tempel harus direkatkan seluruhnya dengan utuh dan tidak rusak di tempat tanda tangan akan dibubuhkan.*[Red]
_________________________________________
Artikel ini telah ditayangkan DDTCNews dengan judul "Masih Berlaku 3 Bulan, Meterai Rp6.000 dan Rp3.000 Tak Bisa Diuangkan".

Editor: Togab BB