Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tiga Bangunan Gedung Mewah Diduga Langgar Izin, Fungsi Pengawasan Citata Kecamatan Gropet Jakbar Dipertanyakan Warga

 

 

_______________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Maraknya berdiri bangunan yang terindikasi melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kelurahan Jelambar Baru, Kecamatan Grogol Petamburan (Gropet), Jakarta Barat, menjadi sorotan warga masyarakat sekitar.

Pantauan awak media di lapangan, terdapat beberapa bangunan yang terindikasi melanggar IMB, di antaranya  bangunan gedung 5 lantai yang terletak di Jalan Seni Budaya Raya, RT 08 RW 05. Bangunan yang dalam proses pengerjaan tersebut diduga melanggar izin (IMB).

Hal yang sama terjadi pada bangunan gedung 4 lantai yang terletak di Jalan P, Komplek Pakuon RT 03 RW 09. Bangunan ini juga diduga melanggar IMB.


Selain itu, terdapat bangunan gedung 3 lantai yang terletak di Jalan Jelambar Selatan XVI No 6, RT 001 RW 09. Pemilik bangunan ini diduga tidak mengantongi IMB.

Tidak jalannya fungsi pengawasan Citata terhadap tiga bangunan gedung tersebut mengundang warga masyarakat untuk menyoroti kinerja pejabat sektor Citata Kecamatan Grogol Petamburan dan petugas Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Barat.

Tak ayal, ada warga yang mempertanyakan, jangan-jangan sudah ada koordinasi antara petugas atau pejabat pengawasan dari instansi terkait dengan para pemilik bangunan.

Menurut seorang Tokoh Masyarakat setempat yang tidak mau disebutkan namanya, dugaan pelanggaran izin bangunan atau tidak memiliki IMB di wilayah Kecamatan Grogol Petamburan sudah merupakan hal yang biasa.

“Mau mengurus tapi tidak bisa keluar Izinnya, eh,eh.. ujung-ujungnya dibonkar. Ada juga bisa keluar IMB tapi melanggar. Ya.. pelanggarannya supaya tidak dibongkar harus mengeluarkan kocek yang besar agar tidak dibangkar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tokoh tersebut menyebut, tidak sedikit bangunan melanggar perizinan yang tidak sesuai peruntukan, dan bangunan tersebut melanggar GSB (Garis Sempadan Bangunan), dan GSJ (Garis Sempadan Jalan).

Saat awak media meminta konfirmasi terkait tiga bangunan gedung itu kepada Handreas selaku Kepala Seksi Sektor Dinas Citata Kecamatan Grogol Petamburan di kantornya, namun seorang pegawai di instansi tersebut mengatakan Handreas sedang tidak ada di tempat.

“Pak Handreas lagi keluar, mungkin lagi di lapangan,” ujar pegawai yang tidak mau disebutkan namanya, Senin (24/10/2021).

Untuk diketahui, bahwa sebelumnya, menanggapi kinerja oknum ASN di lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, khususnya yang bermain-main dengan IMB, Sekertaris Daerah Marullah Matali mengungkapkan, pihaknya tidak segan-segan menindak tegas oknum bersangkutan.*[Mon]

Editor: Togab BB