Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Untuk Penuhi Kebutuhan Serba Digital, Pemerintah Resmi Luncurkan e-Meterai Rp 10.000



_______________________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan penggunaan meterai elektronik (e-meterai) senilai Rp 10.000 untuk pemakaian dokumen bermuatan transaksi secara elektronik.

Menurut Sri Mulyanani, penggunaan e-meterai tersebut sesuai dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi sehingga menuntut segala aspek untuk memenuhi kebutuhan yang serba digital.

“Kita dipaksa keadaan maka banyak transaksi beralih ke dalam platform digital. Transaksi-transaksi dengan nilai signifikan membutuhkan meterai fisik untuk ditempel di dokumen transaksi tersebut, sementara dengan transaksi digital dokumennya elektronik," kata Sri Mulyani saat peluncuran meterai elektronik secara virtual di Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Lebih lanjut Sri Mulyani menegaskan, dokumen dan data dengan e-meterai dijamin keamanannya. Ia menekankan jangan sampai data berharga berisi data transaksi pajak bocor.

"Jangan sampai dengan kita berhijrah ke elektronik, data mudah sekali bocor atau diambil oleh pihak-pihak yang tidak seharusnya," tegas Sri Mulyani.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, Sri Mulyani meminta kepada DJP (Direktorat Jenderal Pajak) dan Perum Peruri agar melakukan edukasi, sehingga dengan e-meterai diharapkan masyarakat semakin dimudahkan dalam kewajiban membayar pajak melalui bea meterai.

Baca juga:

Untuk diketahui, e-meterai yang diproduksi oleh Perum Peruri itu terealisasi lewat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, dan pemerintah telah mengakui bahwa dokumen elektronik merupakan dokumen sah yang dapat menjadi objek bea meterai.

Adapun pembubuhan e-meterai tersebut nantinya dilakukan lewat portal DJP Kemenkeu. Sedangkan untuk masa berlakunya e- meterai tersebut masih menunggu kesiapan dari DJP Kemenkeu selama setahun ke depan.*[Red]

Editor: Togab BB