Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Retribusi 2 Unit Bangunan Ruko di Jalan Ratu Mawar Selatan Duri Kepa Jakbar yang Diduga Tidak Memiliki IMB Dipertanyakan

 

 


_______________________________________________________
NusantaraPostOnline.com, JAKARTA -- Bangunan gedung 3 lantai yang sedang dalam proses pengerjaan diduga kuat tidak sesuai izin mendirikan bangunan (IMB) yang ada.

Fiisik bangunan gedung 3 lantai yang mirip rumah toko (ruko) itu berlokasi di Jalan Ratu Mawar Selatan No. 7, RT 003/RW 013, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pantauan awak media di lokasi pada Kamis (4/10/2021), eksisting bangunan gedung tersebut tampak terdiri dari 6 (enam) unit ruko, namun di lokasi bangunan hanya  terdapat 4 (empat) papan proyek IMB. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik bangunan hanya menyetor retribusi IMB untuk 4 ruko saja ke kas daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, sedangkan retribusi 2 unit ruko lainnya patut dipertanyakan, apakah masuk ke kantong oknum tertentu atau memang sama sekali tidak disetor oleh sang pemilik bangunan tersebut, entahlah!


Selain itu, bangunan yang berada di sisi persimpangn jalan tersebut terindikasi melanggar Garis Sempadan Jalan (GSJ) dan Garis Sempadan Bangunan (GSB), serta peruntukannya diduga bukan untuk rumah tinggal.

Hingga berita ini diturunkan petugas atau pejabat Satpol PP setempat belum dapat dikonfirmasi, namun melalui pesan WhatsApp, awak media telah mengonfirmasi Siska selaku pejabat Dinas Sektor Citata Kecamatan Kebon Jeruk. Sayangnya, pejabat bersangkutan enggan memberi tanggapan.

Dengan diturunkannya berita ini diharapkan dapat menjadi perhatian pejabat instansi terkait untuk menindaklanjuti untuk memastikan agar pihak pemilik bangunan melaksanakan kewajibannya untuk menyetor retribusi 2 unit bangunan ruko miliknya tersebut ke kas pemprov DKI Jakarta.*[Sep/DS]

Editor: Togab BB